Peran Penting Muthawif Dalam Ibadah Haji Dan Umroh - Masih tidak sedikit calon jemaah haji dan umroh yang belum begitu paham mengenai muthawif. Dari asal katanya, muthawif ialah seseorang yang menuntun tawaf (thawaf) untuk jemaah haji dan umroh. Namun pada perkembangannya, pengertian muthawif tersebut sendiri semakin merasakan pergeseran dan dengan kata lain semakin meluas. Dalam ibadah umroh, khususnya backpacker, muthawif menduduki posisi yang lumayan penting menilik perannya yang diperlukan.

Baca juga :

>> http://seobook.wagomu.id/e60890.html

>> http://pakarseo.wagomu.id/e60891.html

>> http://seoquake.wagomu.id/e60892.html

>> http://ernawati.wagomu.id/e60893.html

>> http://seoin.wagomu.id/e60894.html

Apa Itu Muthawif?

Meningkatnya jumlah jemaah haji dan umroh menciptakan profesi muthawif semakin menjamur. Bisa dibilang, muthawif ini ialah guide atau pembimbing Anda sekitar berada di Tanah Suci. Dulunya, muthawif berasal dari kalangan warga asli Makkah yang lantas mewariskan kegiatan tersebut ke anak cucu mereka.

Di mula kemunculannya, muthawif bermunculan dari empiris Hakim Ibrahim bin Dhahirah yang menuntun Sultan Qaitabi saat mengerjakan ibadah haji pada tahun 884 Hijriyah atau 1485 Masehi. Dalam menjalankan tugasnya, Ibrahim pun meluangkan segala kebutuhan sang sultan, dari mulai pemondokan, katering, hingga sarana transportasi. Dari situ, profesi muthawif hadir sebagai kegiatan yang menerima upah (masa Dinasti Mamluk).

Dari situlah, semua hakim-hakim dan ulama fikih lantas turut serta menolong dan menuntun jemaah haji yang datang, dibuntuti oleh semua pembesar kota Makkah pada masanya.

Peran Seorang Muthawif

Berangkat dari seorang pemandu ibadah, muthawif ketika ini juga dapat membantu jemaah haji dan umroh dalam hal lainnya, tergolong pengurusan check-in penginapan, menata transportasi, sampai meluangkan konsumsi/katering untuk jemaah.

Baca juga :

>> http://seobook.wagomu.id/e60903.html

>> http://pakarseo.wagomu.id/e60905.html

>> http://seoquake.wagomu.id/e60906.html

>> http://ernawati.wagomu.id/e60925.html

>> http://seoin.wagomu.id/e60926.html

Bagi kita yang menggali seorang muthawif, inilah ini ialah jasa yang biasa ditawarkan oleh mereka.

     Mengantar Jemaah ke Lokasi Ibadah

Bagi anda yang masih awam dengan negeri Arab Saudi, eksistensi muthawif sangat menolong untuk menunjukkan tempat atau tempat-tempat yang diijabah oleh Allah SWT. Di Makkah, tempat-tempat itu jaraknya lumayan jauh dan terpisah antara satu sama lain. Muthawif bakal mengantar kita ke destinasi supaya tidak tersesat.

    Memberikan Bimbingan Pelaksanaan Ibadah Haji/Umroh

Muthawif dapat menjadi pemandu kita saat mengemban ibadah haji dan umroh. Hal tersebut karena mereka telah memahami tata teknik pelaksanaan, rukun, dan tempat-tempat yang mesti dikunjungi untuk menciptakan rangkaian ibadah anda diterima oleh Allah SWT.

    Membantu Menyelesaikan Permasalahan yang Timbul

Sebagai manusia, tentu anda tidak luput dari melakukan salah. Meskipun kita tidak bercita-cita terjadi permasalahan selama di tanah Suci, tetapi jika urusan tersebut terjadi, muthawif berkewajiban menolong untuk menuntaskan perselisihan tersebut.

    Memberikan Informasi Tentang Bahasa dan Budaya Arab

Dalam mengerjakan ibadah haji dan umroh, inginkan tidak inginkan kita tentu bersinggungan dengan masyarakat Arab dan budayanya. Seorang muthawif mempunyai tugas untuk menyatakan norma-norma yang berlaku serta kebiasaan mereka agar kita dapat menghindari perselisihan. Bukan melulu itu, seringkali semua muthawif pun memberikan informasi tentang pemakaian bahasa Arab, tentang petunjuk arah, teknik bertanya, dan beda sebagainya.

Dengan eksistensi seorang muthawif, jemaah haji dan umroh dapat terbantu mengenai pengurusan hal-hal yang berkaitan dengan pengamalan ibadah. Namun demikian, guna menjadi seorang muthawif tidak lumayan dengan penguasaan bahasa Arab saja. Mereka pun harus mempunyai pengalaman serta pengetahuan mengenai hukum-hukum ibadah dalam Islam dengan baik. Hal tersebut karena jemaah dapat jadi bakal bertanya seputar pengamalan ibadah untuk mereka.

Bagi kita yang mengerjakan umroh backpacker, membawa muthawif dari Indonesia bakal memakan ongkos yang lumayan besar. Ada baiknya untuk menggali jasa mereka ketika berada di Makkah saja. Namun untuk jemaah yang berangkat ke Tanah Suci bareng biro perjalanan, mereka seringkali telah meluangkan jasa muthawif ke dalam paketnya.

Baca juga : Hal Tentang Umroh Itikaf

Selain Itu Denatour Juga Melayani Segala Tour dan Umroh dibawah ini :
>> Umroh tahun Baru VIP
>> Umroh Desember VIP
>> Umrah Promo Tahun Baru
>> Umroh Promo Desember
>> Umroh Turki Tahun Baru
>> Umroh Dubai Tahun Baru
>> Umroh Al Aqsa Tahun Baru
>> Umroh Plus Rusia Scandinavia
>> Umroh plus Eropa Tahun Baru
>> Umroh plus Spain Maroco
>> Tour Eropa Muslim Promo
>> Tour Turki Promo
>> Tour Turki Cairo Alexandria
>> Tour Korea Korea Muslim
>> Tour Jepang Muslim Tahun Baru
>> Tour China Muslim Tahun Baru
>> Tour Korea Uzbekistan
>> Tour Amerika Muslim
>> Tour Australia Muslim
>> Tour Hongkong Shenzen Macau
>> Tour Amerika Canada
>> Tour Australia New Zealand
>> Tour Rusia Balkan

Untuk keterangan umroh desember 2018 lebih lanjut, Silakan Kontak Dena Tour Travel (Berpengalaman 23 Tahun) : Jl. Condet Pejaten No. 16, Pejaten Barat, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12510


Baca juga : Umroh Turki Tahun Baru

(Chat WhatsApp) Abdullah HP – WA : 0878-7745-7475 atau Khusnul HP – WA : 0813-1649-3669 atau ask@denatours.com

Web Web Resmi Kami :

https://www.denaumrah.com
https://www.denaumroh.com
https://denatour.co.id

Back to home page